KULIAH UMUM FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM TA. 2023-2024

Selasa, 5 September 2023, mengawali perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2023-2024, Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau melaksanakan kuliah umum dengan topik “Perkembangan Ilmu Falak di Dunia Islam”. Topik tersebut disampaikan oleh pakar Ilmu Falak, yaitu Prof. Dr. H. Susiknan Azhari, M.A., Guru Besar Fak. Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Acara kuliah umum dibuka oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. H. Erman Gani, M.Ag., bertempat di auditorium Gedung Rektorat Lt. V UIN Suska Riau. Oleh karena kapasitas ruangan tidak memungkinkan untuk menampung 4.000 orang lebih mahasiswa Fak. Syariah dan Hukum, maka perkuliahan umum ini dilaksanakan secara hybrid, dimana sebagian mahasiswa, terutama mahasiswa baru, mengikuti perkuliahan di auditorium Lt. V, dan sebagian besar mahasiswa mengikuti perkuliahan ini melalui zoom.
Dalam sambutannya, Wakil Dekan I bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. H. Erman, M.Ag., menyampaikan bahwa topik kuliah umum pagi ini penting artinya untuk memperluas wawasan mahasiswa tentang perkembangan keilmuan di dunia Islam, karena mahasiswa dituntut tidak hanya mendapatkan ilmu tentang konsentrasi atau program studi yang ditekuninya. Dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan I tidak lupa mengingatkan agar mahasiswa mengikuti kuliah dengan serius dan dapat mencapai target Kuliah Tepat Waktu (KTW), yaitu selesai pada semester VIII.
Acara kuliah umum diikuti oleh peserta dengan antusias, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa, terutama terkait dengan teori penentuan awal Ramadhan dan Syawal, karena hal inilah yang menjadi isu hangat di masyarakat setiap kali akan menghadapi bulan puasa dan hari raya ‘Idul Fitri maupun ‘Idul Adha. Prof. Dr. H. Susiknan Azhari, M.A. sebagai narasumber adalah tokoh yang sangat berkompeten untuk menjawab permasalahan tersebut.

About F2r