FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM SEPAKATI MoA DENGAN PENGADILAN AGAMA SIAK SRI INDRAPURA DAN PRODI EKONOMI SYARIAH STAIN MANDAILING NATAL

Rabu, 15 Februari 2023, Fakultas Syari’ah dan Hukum menerima kedatangan tamu rombongan dari Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura dan Program Studi Ekonomi Syari’ah STAIN Mandailing Natal. Kedatangan mereka adalah untuk penandatanganan kesepakatan kerjasama (Memorandum of Agreement) dengan Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau. Acara dilaksanakan di auditorium Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau lantai III.

Kerja sama antara Fak. Syari’ah dan Hukum dengan Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura sesungguhnya sudah berjalan, dan MoA terakhir sudah ditandatangani pada tahun 2020 yang lalu. Akan tetapi karena munculnya pandemi Covid-19 maka MoA tersebut belum berjalan. Demikian juga, seiring perkembangan waktu dan situasi, ada butir-butir kesepakatan yang sudah ditandatangani pada tahun 2020 yang lalu yang perlu direvisi, misalnya pelaksanaan system e-Court di PA yang diharapkan dijalankan oleh para mahasiswa yang magang (PKL) di PA Siak Sri Indrapura.

Oleh karena terbatasnya jumlah mahasiswa yang memilih PA Siak Sri Indrapura sebagai tempat PKL, maka pelaksanaan pendaftaran e-Court untuk desa-desa yang ada di wilayah yurisdiksi Siak Sri Indrapura perlu ditinjau Kembali, atau mungkin ditiadakan. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh ketua PA Siak Sri Indrapura, Amri Yantoni, S.H.I, M.A. Beliau juga juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah membuat kurikulum untuk pembinaan mahasiswa yang PKL di PA Siak Sri Indrapura.

Penandatanganan MoA yang kedua adalah antara Program Studi Ekonomi Syari’ah Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau dengan Program Studi Ekonomi Syari’ah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mandailing Natal. Kesepakatan kerja sama kedua belah pihak adalah dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dekan Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau, Dr. Zulkifli, M.Ag. menyampaikan bahwa Kerjasama dengan Prodi Ekonomi Syari’ah STAIN Mandailing Natal dapat dilakukan dalam bentuk pelaksanaan MBKM, pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa, kuliah bersama, seminar Bersama. “Hal demikian tentunya akan memperkokoh persaudaraan dan meningkatkan kualitas hasil pembelajaran antara kedua lembaga di masa yang akan datang”, ujar Dekan.

Ketua Prodi Ekonomi Syari’ah STAIN Mandailing Natal, Faisal Afandi, M.E.I., menyatakan terharu dengan sambutan dari Fak. Syari’ah dan Hukum yang begitu baik. Demikian juga, Dekan Fak. Syari’ah dan Hukum menyatakan sangat senang dengan kehadiran para tamu dari STAIN Mandailing Natal dan Pengadilan Agama Siak Sri Indrapura, dalam rangka melaksanakan amal bersama.

Penandatanganan MoA dihadiri oleh para Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Prodi, serta beberapa staff Fak. Syari’ah dan Hukum.

About admin uin