SAMBUT SEMESTER GENAP, FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM GELAR KULIAH UMUM DAN LAUNCHING BUKU

Senin, 20 Februari 2023, Fakultas Syari’ah dan Hukum menyelenggarakan kuliah umum dalam rangka memulai perkuliahan semester genap tahun akademi 2022-2023. Tema kuliah umum kali ini adalah “Urgensi Pemilu dalam Melahirkan Pemimpin Berkualitas.”

Acara dibuka oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Suska Riau, Prof. Edi Erwan, PhD. Dalam sambutannya, WR III tidak lupa memberikan motivasi kepada mahasiswa agar selalu mengasah kemampuan dan dapat mengukir prestasi, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Prof. Edi juga menyampaikan adanya peluang bagi mahasiswa untuk mengisi kesempatan magang dan study exchange di Malaysia maupun Thailand dalam waktu dekat. “Mahasiswa yang dikirim tentu melalui seleksi”, ujarnya.

Dekan Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau, Dr. Zulkifli, M.Ag., dalam sambutannya menyampaikan pesan agar mahasiswa mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Mahasiswa tidak boleh  cengeng jika tiba-tiba dihadapkan kepada suatu permasalahan. Lika-liku perkuliahan yang dirasa sulit adalah untuk memperkuat mental mahasiswa dan menjadikan mahasiswa menjadi pribadi yang gigih, ulet, dan pantang menyerah. Dekan juga mendorong agar mahasiswa Fak. Syari’ah dan Hukum bisa menyelesaikan studinya tepat waktu, dan paling tidak pada semester sembilan.

Nara sumber kuliah umum kali ini adalah Prof. Dr. H. Yusri Munaf, S.H., M.Hum., Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Riau, yang sekaligus juga praktisi hukum, menyampaikan materi tentang Urgensi Pemilu dalam Melahirkan Pemimpin Berkualitas. Materi ini sangat relevan dengan agenda politik yang akan berlangsung pada tahun 2024 yang akan datang, dimana mahasiswa akan turut serta menyukseskan jalannya pemilu tersebut. Prof. Yusri menyampaikan bahwa pemimpin yang akan dipilih adalah pemimpin yang betul-betul memenuhi kriteria kepemimpinan, bebas korupsi dan amanah dalam menjalankan tugas. Bertugas sebagai moderator pada kuliah umum ini adalah Ketua Program Studi Perbandingan Mazhab, Hendri Sayuti, M.Ag.

Sebelum kuliah umum dimulai, dilakukan penyerahan sertifikat sebagai penghargaan kepada para dosen dan mahasiswa Fak. Syari’ah dan Hukum yang sudah menulis buku referensi, yaitu Dr. Zulkifli, M.Ag. (Dekan), Dr. Muh. Said, M.A., Dr. Wahidin, M.Ag., Dr. Jumni Nelli, M.Ag., Dr. Helmi Basri, Lc., MA, Dr. Zulkayandri, M.Ag., Dr. H. Johari dan Dr. Wahidin, M.Ag. dan satu buku karya mahasiswa HMPS Perbandingan Mazhab, hasil kolaborasi dengan mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Sertifikat diterima oleh ketua tim penulis yang merupakan ketua HMPS Perbandingan Mazhab, Ikbal Nursal. Petugas acara kuliah umum kali ini melibatkan mahasiswa, yaitu Auliya Kuni (MC Bahasa Inggris), Samsun Siregar (MC Bahasa Indonesia), Alfrenda Sembiring (MC Bahasa Arab), Abdul Azis (Pembaca Al-Quran), Wanda Saputra (Do’a), dan Asnatul Putri (Dirijen).

About admin uin