FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM GANDENG UNIVERSITI PUTRA MALAYSIA SELENGGARAKAN SEMINAR KOLABORATIF INTERNASIONAL

Senin, 13 Februari 2023, Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau menyelenggarakan Seminar Kolaboratif Internasional dengan Faculty of Human Ecology Universiti Putra Malaysia dengan tema Social Work and Volunteerism.  Pembicara utama pada seminar kolaborasi ini adalah Dr. Zulkifli, M.Ag., Dekan Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau dan Dr. Amna Bt. MD Noor, Pensyarah Kanan Universiti Putra Malaysia.

Dr. Zulkifl M.Ag. membentangkan pokok pikiran dengan topik “Amal Jama’i for Social Work and Volunteerism”. Berkenaan dengan topik ini, beliau menyampaikan tentang konsep amal jama’i dalam Islam, bagaimanapun kerja sosial dilaksanakan dalam masyarakat jika dikelola secara individu akan tidak efektif dan akan hilang, maka kalimat “amal jama’i” menjadi kata kunci untuk kerja sosial. Bagaimanapun kokohnya teori-teori amal sosial, jika dilakukan secara individu tidak akan berhasil kalau tidak dipersatukan dengan amal jama’i. Sebaliknya teori amal jama’i yang lemah jika dilakukan terus menerus maka akan memperoleh hasil yang besar. Hal ini dianalogikan dengan “satu orang penakut ditambah satu orang  penakut maka dia akan menjadi dua orang pemberani. Relawan yang lemah bertemu dengan relawan yang lemah maka ia menjadi dua relawan yang kuat, tetapi jika relawan yang kuat bekerja sendiri-sendiri maka ia akan berhadapan dengan musuh yang kuat.”

Dr. Amna Bt. MD Noor yang menyampaikan topik Social Work, Community Work and Volunteerism, menekankan pentingnya bagi seorang social worker untuk mendapatkan “akta” sebagai pengakuan profesionalisme mereka. Akta yang dimaksudkan sudah ada di Indonesia, akan tetapi di Malaysia belum ada. “Dalam hal ini, Malaysia sedikit tertinggal dibanding Indonesia”, ujarnya. Beliau selalu melakukan pembinaan-pembinaan terhadap calon social worker agar dapat bekerja lebih sistematis dan profesional. Karena social work yang dilakukan oleh orang yang tidak memiliki “ilmu” yang cukup maka hasilnya tidak maksimal. Moderator dalam seminar ini adalah Dr. Nurnasrina, M.Si., Ketua Prodi D3 Perbankan Syari’ah UIN Suska Riau. Seminar dihadiri oleh Wakil Dekan I, Dr. H. Erman Gani, M.Ag., Wakil Dekan II Dr. H. Mawardi, M.Si., Wakil Dekan III Dr. Hj. Sofia Hardani, M.Ag., para Ketua dan Sekretaris Program Studi, para Ketua Labor dan PMP di lingkungan Fak. Syari’ah dan Hukum.   

About admin uin