Fakultas Syariah dan Hukum Gelar PBAK T.A. 2022/2023

Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau menyelenggarakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) untuk para mahasiswa baru tahun ajaran 2022-2023 pada hari Rabu, 31 Agustus 2022. Seiring dengan perkembangan situasi pandemi covid-19 yang semakin mereda, kegiatan PBAK pada tahun ini dilaksanakan secara offline yang dipusatkan di  gedung Islamic Center Lt. II UIN Suska Riau dan sebagian kecil di halaman gedung Dekanat Fak. Syari’ah dan Hukum.

Mahasiswa Baru Peserta PBAK Fakultas Syariah dan Hukum

Kegiatan PBAK ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang bertujuan untuk menyambut seluruh mahasiswa baru yang memilih kuliah pada Fakultas Syariah dan Hukum dalam rangka memperkenalkan budaya akademik fakultas yang terdiri dari: sistem perkuliahan, sarana dan prasarana yang ada di Fak. Syari’ah dan Hukum, dan segala sesuatu yang terkait dengan kemahasiswaan. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 06.45 s/d 15.45 WIB.

Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Hukum

Acara dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum yaitu bapak Dr. Zulkifli, M.Ag. yang sekaligus menyampaikan materi tentang bagaimana Fakultas Syari’ah berupaya membentuk generasi Islami yang berwawasan global dan berharap dari para mahasiswanya agar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia dan menjunjung tinggi nilai agama.

Ratusan Mahasiswa Baru ikuti PBAK Fakultas Syariah dan Hukum

Wakil Dekan I bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Erman, M.Ag. menyampaikan materi tentang sistem akademik dan perkuliahan di Fak. Syari’ah dan Hukum, dan berharap agar mahasiswa nantinya dapat menyelesaikan kuliahnya pada semester VII dan VIII. Materi tentang sarana, prasarana dan tata persuratan di Fak. Syari’ah dan Hukum disampaikan oleh Sub Koordinator Administrasi Umum dan Keuangan Fak. Syari’ah dan Hukum, Eri Surianto, S.HI. Selanjutnya, Dr. Hj. Sofia Hardani, M.Ag. selaku Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menyampaikan materi tentang segala sesuatu yang terkait dengan kemahasiswaan, termasuk beasiswa-beasiswa yang bisa direbut oleh mahasiswa, serta memperkenalkan organisasi kemahasiswaan yang ada di Fak. Syari’ah dan Hukum. WD III juga berharap agar mahasiswa dapat mengasah bakat dan minatnya untuk dapat mengukir prestasi dan bersaing dengan para mahasiswa PTKIN lainnya baik di tingkat universitas, regional, nasional, bahkan internasional.

Kaprodi dan Sekprodi Fakultas Syariah dan Hukum

Pada kegiatan PBAK kali ini, Fak. Syari’ah dan Hukum menghadirkan tim kode etik fakultas yang memberikan materi tentang kode etik mahasiswa yang harus diindahkan dan diamalkan oleh mahasiswa. Materi tersebut disampaikan oleh H. Mohd. Kastulani, SH., MH., sebagai Ketua Tim Kode Etik Fakultas Syari’ah dan Hukum.

Dekan, Wakil Dekan dan Peserta PBAK

Kegiatan PBAK ini juga memperkenalkan Program Studi yang ada di Fak. Syari’ah dan Hukum, yang dipandu oleh masing-masing Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi di lingkungan Fak Syari’ah dan Hukum.

Antusias dari mahasiswa baru sangat terlihat jelas, mereka sudah menyiapkan yel-yel pada hari sebelumnya sesuai dengan program studi masing-masing, yang ditampilkan pada saat acara PBAK ini.

Panitia pelaksana PBAK melibatkan pengurus Ormawa yang ada di lingkungan Fak. Syari’ah dan Hukum, yaitu Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema), dan utusan dari pengurus HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi). Berkat dedikasi dan kekompakan panitia, kegiatan PBAK berjalan lancar dan tertib.

DEMA dan SEMA Fakulas Syariah dan Hukum
Dekan Fakultas Syariah di wawancara oleh reposter Suska TV
Para Dosen Fakultas Syariah dan Hukum
Peserta PBAK Fakultas Syariah dan Hukum

About admin uin