FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM MELAKSANAKAN PROGRAM PRAKTISI MENGAJAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

Program Praktisi Mengajar adalah bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program ini diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen perguruan tinggi agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam. Diharapkan lulusan dapat memperoleh ilmu dan kecakapan yang relevan dengan kebutuhan dan tantangan di dunia kerja.
Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim Riau merasa memiliki tanggung jawab untuk menyukseskan program ini. Ibu Dr. Nurnasrina, SE., M.Si selaku Kaprodi Program Studi Perbankan Syariah mengambil kesempatan ini dengan mengundang seorang praktisi yang sangat ahli di bidangnya yaitu Bapak Delyuzar Syamsi dari Komite Pemantau Risiko PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah, Jakarta. Kegiatan ini merupakan implemetasi kolaborasi antara praktisi ahli dengan dosen Program Studi Perbankan Syariah pada mata kuliah Pengantar Manajemen yang diampu oleh Ibu Haniah Lubis, SE., M.E.Sy dan Ibu Nur Hasanah, SE., MM.

Selasa, 05 Desember 2023 kegiatan perkuliahan dengan praktisi ahli yang dilaksanakan di Auditorium Rektorat Lt. 5 UIN Sultan Syarif Kasim Riau berlangsung dengan penuh semangat. Perkuliahan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Perbankan Syariah yang berjumlah lebih kurang 150 orang.
Pak Delyuzar Syamsi yang akrab dengan panggilan Bang Del, banyak memberikan ilmu kepada mahasiswa terkait manajemen diri untuk menjadi seorang banker yang professional. Materi perkuliahan yang disampaikan memberikan wawasan dan pengetahuan yang membuat mahasiswa mampu untuk mengkolaborasikan teori yang diperoleh dengan penerapan di dunia kerja.
Perkuliahan dibangun dengan penuh keakraban oleh Bang Del, sehingga mendorong mahasiswa aktif mengikuti perkuliahan dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.15 WIB. Antusiasme dari mahasiwa ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan ke Bang Del. Perkuliahan diakhiri dengan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan kepada Bang Del.

Adanya kegiatan praktisi mengajar ini diharapkan mahasiswa memperoleh pengalaman belajar ilmu praktis yang aktual, relevan, bermanfaat, dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, adanya pendampingan (mentorship) dari praktisi ahli, memiliki jaringan dengan pengajar praktisi ahli dan menyadarkan mahasiswa akan potensi mereka di dunia kerja, memperoleh pengalaman belajar hard skills dan soft skills sebagai penguat keterampilan mahasiswa, serta memperkuat dan menambah kompetensi mahasiswa.

About F2r