PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK (PBAK) FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM TAHUN 2023

Kamis, 24 Agustus 2023, bertempat di gedung Islamic Center Lt. II UIN Suska Riau, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau menyelenggarakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) untuk para mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024. Tema PBAK yang diusung kali ini adalah “Membentuk Generasi Islami yang Moderat dan Berdaya Saing Global.” Sejumlah 759 orang mahasiswa baru Fak. Syariah dan Hukum mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan PBAK ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang bertujuan untuk menyambut seluruh mahasiswa baru dan memperkenalkan budaya akademik fakultas, yang terdiri dari sistem perkuliahan, sarana dan prasarana yang dimilki oleh fakultas, dan segala sesuatu yang terkait dengan kemahasiswaan. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 07.00 dan selesai pada pukul 16.00 WIB.

Acara dimulai dengan ucapan selamat datang dari Ormawa, yang disampaikan oleh ketua Dema, Budi Efendi, dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. Zulkifli, M.Ag. yang sekaligus membuka acara secara resmi.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum sekaligus menjadi narasumber pada acara ini, dan berkenan menyampaikan materi tentang arah kebijakan Fakultas Syariah dan Hukum serta aturan-aturan akademik yang berlaku pada Fakultas Syariah dan Hukum. Dekan berharap agar mahasiswa nantinya dapat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu, yaitu pada semester VIII.

Materi tentang sarana dan prasarana serta tata persuratan di Fakultas Syariah dan Hukum disampaikan oleh Eri Surianto, S.Hi, sebagai analis SDM aparatur pada Fakultas Syariah dan Hukum. Selanjutnya, Dr. Hj. Sofia Hardani, M.Ag. selaku Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, menyampaikan materi tentang hal-hal terkait dengan kemahasiswaan, termasuk beasiswa-beasiswa yang dapat direbut oleh mahasiswa, serta memperkenalkan organisasi kemahasiswaan yang ada. WD III juga berharap agar mahasiswa dapat mengasah bakat dan minatnya untuk bisa mengukir prestasi dan bersaing dengan para mahasiswa PTKIN lainnya di ajang perlombaan tingkat regional, nasional, bahkan internasional.

Pada kegiatan PBAK ini, Fakultas Syariah dan Hukum memandang penting untuk menyampaikan materi tentang kode etik mahasiswa bagi mahasiswa baru. Aturan-aturan tentang kode etik mahasiswa tersebut disampaikan oleh ketua Dewan Kode Etik Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum, yaitu Mhd. Kastulani, S.H., M.H.

Pada kegiatan PBAK ini juga diperkenalkan tentang segala sesuatu yang terkait dengan Program Studi (Prodi) yang ada di Fakultas Syari’ah dan Hukum, yang dipandu oleh masing-masing Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi. Saat ini ada delapan Prodi yang ada di lingkungan Fakultas Syariah dan Hukum, yaitu Prodi Hukum Keluarga, Hukum Tata Negara (Siyasah), Perbandingan Mazhab, Hukum Ekonomi Syariah, Ilmu Hukum, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, dan D3 Perbankan Syariah.

Panitia pelaksana PBAK melibatkan pengurus Ormawa yang ada di lingkungan Fakultas Syariah dan Hukum, yaitu Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), dan utusan dari pengurus HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi). Berkat dedikasi dan kekompakan panitia, kegiatan PBAK berjalan sukses.

About zilal afwa ajidin