DEKAN FAK. SYARI’AH DAN HUKUM TANDATANGANI MoA DENGAN PENGADILAN AGAMA PEKANBARU

Senin, 31 Juli 2023, bertempat di kantor Pengadilan Agama Pekanbaru, Dekan Fak. Syariah dan Hukum UIN Suska Riau, Dr. Zulkifli, M.Ag., menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) antara Fak. Syari’ah dan Hukum dengan Pengadilan Agama Pekanbaru Kelas 1A.

Sesungguhnya kerjasama antara kedua belah pihak sudah terlaksana dengan baik sekali, karena adanya kesamaan visi antara Fak. Syariah dan Hukum dengan Pengadilan Agama. Pelaksanaan kerjasama dimaksud selama ini adalah berupa sharing informasi dan ilmu dalam kegiatan seminar, kuliah umum, dan diskusi yang terkait dengan perkembangan hukum keluarga Islam, serta diterimanya sejumlah mahasiiswa Fak Syari’ah dan Hukum untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Pengadilan Agama Pekanbaru. Pada saat ini, terhitung sejak awal Juli 2023 sampai tanggal 31 Agustus 2023 yang akan datang, ada sejumlah 39 (tiga puluh sembilan) orang mahasiswa Fak. Syari’ah dan Hukum yang melaksanakan PKL di PA Pekanbaru ini. Dengan demikian, MoA yang ditandatangani oleh kedua belah pihak, sebagaimana disampaikan oleh Dekan Fak. Syarah dan Hukum,  adalah agar ada payung hukum bagi kerjasama yang dijalankan, dan untuk membuat semakin “mesranya” hubungan antara kedua belah pihak.

Ketua Pengadlan Agama Pekanbaru, Bapak Drs. Lazuarman, M.Ag. mengharapkan bahwa dengan penandatangan MoA ini, seminar-seminar, diskusi-diskusi dan sharing ilmu antara Fak. Syariah dan Hukum dengan Pengadilan Agama Pekanbaru semakin ditingkatkan dan kerjasama ini tentunya akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Mengenai banyaknya mahasiswa Fak. Syariah dan Hukum yang diterima untuk melaksanakan PKL di Pengadilan Agama Pekanbaru, adalah bentuk perhatian yang besar dari PA Pekanbaru kepada mahasiswa Fak. Syariah dan Hukum UIN Suska Riau yang memang arah pendidikan yang diterima di kampus berkait erat dengan Pengadilan Agama. Ketua PA Pekanbaru menyatakan keinginan beliau yang besar agar para mahasiswa tersebut yang notabene putra-putra Riau, berminat untuk menjadi hakim agama, dan untuk itu dalam pelaksanaan PKL mahasiswa tersebut dibina dan diberikan materi-materi tentang segala sesuatu yang terkait dengan acara peradilan. Untuk hal-hal tersebut pimpinan Fakultas Syariah tentunya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak PA Pekanbaru.

Pada penandatangan MoA tersebut, Dekan didampingi oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Hj. Sofia Hardani, M.Ag., Ketua Prodi Hukum Keluarga, Dr. Akmal Abdul Munir, Lc., M.A., Ketua Prodi Perbandngan Mazhab, Dr. Azikri Hasan, M.Ag., Sekretaris Prodi Perbandingan Mazhab, Muslim, M.Ag., Sekretaris Prodi Hukum Tata Negara, Irfan Zulfikar, M.A., dan Musrinaldi, S.Ag.

About F2r