WORKSHOP HISAB DAN RUKYATUL HILAL AWAL DZULHIJJAH 1444 H LABORATORIUM ILMU FALAK FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM

Fakultas Syari`ah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan Workshop Hisab dan Rukyatul Hilal Awal Dzulhijjah 1444 H (Ahad, 18/06/2023) bertempat di Gedung Rektorat Lantai 5 sambil melakukan pengamatan Bulan dengan menggunakan Teropong Bintang/Bulan Laboratorium Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum.

Kegiatannya sempena dengan semakin dekatnya Hari Raya Idul Adha 1444 H dimana Umat Islam yang menunaikan ibadah Haji melakukan wukuf di Padang Arafah dan sebagian yang lain melaksanakan Sholat Hari Raya Idul Adha serta rangkaian penyembelihan hewan Qurban. Maka dalam rangka ikut berpartisipasi dalam rangka mencerdaskan ummat Islam di Riau dan bahkan Indonesia secara Umum, kiranya dengan acara Workshop ini dapat memahami dan menjadikannya Ilmu bagaimana hasil dari Hisab dan Rukyah yang dijadikan dasar pengambilan ketetapan telah masuknya hari Raya Idul Adha 1444 H tahun ini.

Hadir dalam kesempatan ini dari Majlis Ulama Indonesia Kota Kampar H. Marzuki Khotib,MA., ibu Dr. Hj. Sofia Hardani, M.Ag sebagai Dosen Ilmu Falak sekaligus sebagai Wakil Dekan III Fakultas Syari`ah dan Hukum, Praktisi Ahli Ilmu Falak Dr. Muhammad Darwis,S.Hi.,MH, Ketua Panitia Workhop Sekaligus Ketua Laboratoriun Ilmu Falak Fakuktas Syariah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau . Dr. H. Henrizal Hadi, Lc, MA, dan Peserta dari Mahasiswa UIN Suska Riau, Mahasiswa Institut Agama Islam Lukman Edi, Pengurus Mesjid dan Mushollah Yang berada disekitar kampus uin suska serta Anggota Ilmu Falak Study Club (IFSC) asuhan Laboratorium ilmu Falak Yang baru dibentuk atas permintaan mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum.

Adapun Narasumber dalam Acara tersebut adalah Ketua Muhammadiyah Provinsi Riau Dr. Hendri Sayuti, M.Ag membicarakan tentang metode hisab yang di nut oleh Muhammadiyah kemudian dilanjutkan Ketua MUI Kampar H.Marzuki Khotib,S.Ag.,M.A, tentang  metode Rukyat.  Adapun Rukyatul Hilal awal Dzulhijjah 1444 H dipimpin oleh Dr.Muhammad Darwis,SHi. MH serta pakar Ilmu Falak yakni Dr. Hj.Sofia  Hardani, M.Ag yang sekaligus juga Wakil Dekan III Fakuktas Syariah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Beliau membicarakan tentang perubahan awal bulan hijrah dalam konsep Ilmu Falak pada sesi lainnya setelah membuka secara resmi workshop mewakili Dekan Fakuktas Syariah dan Hukum.

Oleh : Laboratorium Ilmu Falak

About zilal afwa ajidin