KULIAH LAPANGAN MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH KE ISTANA SAYAP DAN ISTANA SIAK SRI INDRAPURA

Sabtu 11 Mei 2024, Mahasiswa Perbankan syariah Fakultas Syariah dan Hukum mengadakan Kegiatan Kuliah Lapangan ke Istana Sayap Pelalawan dan Istana Siak. Kegiatan ini dilakukan untuk menambah pengetahuan Mahasiswa terhadap sejarah-sejarah kerajaan Melayu yang ada di Riau Khususnya di Pelalawan dan Siak, dan juga sejarah ekonomi perdagangan yang dilakukan pada zaman kerajaan melayu tersebut.

Kegiatan ini diikuti oleh 77 Mahasiswa Perbankan Syariah dengan 1 dosen pengampu mata kuliah Tamadun Melayu Bapak P.Adiyes Putra, M. Si yang mendapat sambutan baik dari Kaprodi Perbankan syariah Ibu Dr. Nurnasrina, S.E, M.Si dan juga Sekprodi Ibu Haniah Lubis, SE., M.E.Sy

Rangkaian kegiatan berlangsung dengan lancar. Perjalanan dimulai dari kampus UIN SUSKA RIAU pada pukul 07:30 dengan mengendarai Bus. Perjalanan menggunakan dua bus. Tempat tujuan pertama yaitu istana Sayap yang ada di Kabupaten Pelalawan yang merupakan salah satu kerajaan yang berada di pinggiran Sungai Kampar.

Selanjutnya bus melanjutkan perjalanan ke Istana Siak yang berada di Kabupaten Siak Sri Indrapura yang berjarak sekitar 2 jam dari istana sayap. Setibanya di lokasi, mahasiswa berkumpul untuk melakukan kunjungan dengan mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan informasi-informasi yang akan diperoleh.

Di Istana Siak mahasiswa banyak mendapatkan pengetahuan terkait sejarah berdirinya kerajaan, kondisi ekonomi dan sosial pada masa kerajaan. Mahasiswa di bantu oleh petugas yang bekerja di istana salah satunya pak Andi. Pak Andi banyak memberikan informasi yang di tanyakan mahasiswa terkait Istana Siak ini, mahasiswa mencatat,merekam dan mengambil dokumentasi terkait peninggalan-peninggalan kerajaan siak.

Kegiatan berakhir pada sore hari dan mahasiswa melakukan foto bersama di depan istana untuk kenang-kenangan.

About F2r