DIALOG INTERNASIONAL ORMAWA FAK SYARIAH DAN HUKUM DENGAN MAHASISWA PRINCE OF SONGKLA UNIVERSITY THAILAND

Rabu, 31 Januari 2024, bertempat di Auditorium  lantai III Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau, Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fak. Syari’ah dan Hukum melaksanakan acara dialog internasional dan sharing budaya bersama mahasiswa/i dari Faculty of Islamic Sciences, Prince of Songkla University (PSU) Thailand. Acara tersebut diberi tajuk “International Dialog on Golden Generation in 5.0 Society”

Acara pembukaan dipandu oleh MC dalam tiga bahasa yaitu Bahasa Arab (Kayla Fadila), Bahasa Inggris (Rizka Safira), dan Bahasa Indonesia (Samsun Siregar).  Acara dibuka secara resmi oleh Dekan Fak. Syari’ah dan Hukum, Bapak Dr. Zulkifli, M.Ag. dalam bahasa Arab. Kemudian Bapak Dr. Abdulloh Al Usamah yang merupakan Head of Islamic Studies (International Program), Prince of Songkla University Thailand menyampaikan sambutannya dalam bahasa Melayu dan Thailand. Dalam sambutannya, Dr. Abdulloh menyampaikan terima kasih dan kesan yang mendalam atas penyambutan yang begitu hangat dan penuh keakraban dari Fak. Syariah dan Hukum terhadap delegasi dari PSU. Acara juga dihadiri oleh Wakil Dekan III Fak. Syari’ah dan Hukum, Ibu Dr. Hj. Sofia Hardani, M.Ag. yang membidangi kerjasama dan kemahasiswaan.

Sebagai acara inti, acara dialog dipandu oleh seorang moderator (Muahammad Zulfikar) dan translator (Rani Andriani) dari mahasiswa Fak. Syari’ah dan Hukum. Dalam diskusi tersebut mahasiswa saling bertukar ide, pandangan, dan pengalaman terkait kultur akademik dan kultur budaya di masing-masing kampus dan negara. Acara berjalan lancar dan punuh keakraban, sehingga waktu yang tersedia terasa tidak cukup bagi mereka. Pada kessempatan tersebut juga dipilih beberapa pembicara terbaik (the best speaker), yaitu  Miss Asiyah Hayi-Arwae dan Miss Nur-Adian Machae, dari Prince of Songkla University Thailand, dan Rani Andriani, Muhammad Asdilfi, dan Samsun Siregar dari Fak Syariah dan Hukum UIN Suska Riau. Terpilihnya mereka sebagai the best speker pada acara bertaraf internasional tersebut tentu merupakan suatu kebanggaan bagi mereka.

Kegiatan dialog antar negara seperti ini sangat besar manfaatnya bagi mahasiswa dalam menambah dan meningkatkan wawasan, terutama menghadapi era society 5.0, sekaligus mereka dapat mengasah kemampuan berbahasa internasional yang dimiliki dalam berdialog bersama Mahasiswa/i Prince of Songkla University Thailand.

About F2r