PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM

Selasa, 6 Juni 2023, bertempat di auditorium lantai V gedung rektorat UIN Suska Riau, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. Zulkifli, M.Ag.

Dalam pengarahannya Dekan menyampaikan bahwa acara pelatihan ini penting artinya bagi mahasiswa untuk meningkatkan wawasan ilmiah dan mampu menulis karya ilmiah dengan baik dan benar. Peserta diberi tantangan untuk menulis makalah bahkan buku yang nantinya akan diterbitan oleh fakultas. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, yang sekaligus menjadi salah satu narasumber pada acara ini, bahwa output dari acara ini adalah tulisan dari peserta yang akan diterbitkan dalam bentuk book chapter (bunga rampai). Ada tiga tema yang akan diterbitkan, yaitu halal tourism dari berbagai aspek, moderasi beragama pada mahasiswa, dan tokoh inspiratif di kalangan mahasiswa.

Narasumber pada pelatihan ini adalah orang-orang yang sudah sangat berpengalaman di bidang penulisan karya ilmiah dan berkecimpung dalam pengelolaan jurnal ilmiah, yaitu Dr. Amrun Muzan, S.H.I, M.A., yang merupakan Editor in Chief jurnal Hukum Islam Fakultas Syariah dan Hukum, dan Dr. Hj. Sofia Hardani, M.Ag., yang pernah menjabat sebagai Editor in Chief dan Managing Editor jurnal Marwah: Jurnal Perempuan, Agama, dan Jender, sejak tahun 1997 s/d 2020. Demkian juga moderator dan instruktur yang akan mendampingi mahasiswa menyelesaikan tulisannya: Kemas Muhammad Gemilang, S.H.I., M.A., Madona Khairunnisa, S.E.I, M.E.Sy., dan Zilal Afwa Ajidin, S.E., M.A. adalah orang-orang yang concern di bidang karya ilmiah.

Acara pelatihan berjalan lancar dan diikuti dengan antusias oleh 50 orang peserta.

About zilal afwa ajidin