KOLABORASI DOSEN-MAHASISWA FSH UIN AR-RANIRY BANDA ACEH DAN FSH UIN SUSKA RIAU DALAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Selasa, 18 Oktober 2022, bertempat di gedung rektorat UIN Suska Riau Lantai V, Dekan Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau, Dr. Zulkifli, M.Ag. membuka secara resmi acara Pengabdian kepada Masyarakat Kolaboratif Dosen dan Mahasiswa antara Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa kegiatan kolaborasi ini adalah merupakan implementasi dari nota kesepakatan MoA yang ditandatangani antara pimpinan Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan pimpinan Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau.

Sambutan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. Zulkifli, M.Ag.
Sambutan Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr. Ali Abubakar, M.Ag.

Kolaborasi dikemas dalam beberapa bentuk, yakni; pertama, seminar bersama, dengan tema “Penguatan Kapasitas Pemuda dalam Pelaksanaan Syari’at Islam di Era Society 5.0”. Dalam seminar ini ditampilkan narasumber dari kedua belah pihak, yaitu Zalyad Zubaidi dari FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang berbicara tentang pelaksanaan qanun jinayah di Aceh,  Dr. Nurnasrina, M.Si., dari FSH UIN Suska Riau yang menyampaikan materi tentang Lembaga keuangan syari’ah di Indonesia, dan Azka Amalia Jihad dari FSH UIN Ar-Raniry yang menyampaikan materi tentang Lembaga keuangan syari’ah di Aceh. Seminar ini dipandu oleh moderator dari FSH UIN Suska Riau, Muhammad Nurwahid, M.Ag.

Seminar Penguatan Kapasitas Pemuda Dalam Pelaksanaan Syari’at Islam di Era Society 5.0

Bentuk kolaborasi kedua untuk pembinaan kapasitas pemuda adalah pendalaman tentang penentuan arah kiblat dan penentuan awal bulan qamariah. Materi ini disampaikan oleh Marzuki Khatib, M.Ag. (FSH UIN Suska Riau) dan Riza Arfian Mustaqim (FSH UIN Ar-Raniry). Bertindak sebagai moderator adalah Irfan Zulfikar, M.Ag. (FSH UIN Suska Riau).

Seminar Penguatan Kapasitas Pemuda Dalam Pelaksanaan Syari’at Islam di Era Society 5.0

Kolaborasi berikutnya adalah pengabdian kepada masyarakat di desa Tarai Bangun, Kecamatan Tambang, kabupaten Kampar yang dilaksanakan keesokan harinya.

Di sela padatnya pelaksanaan kegiatan, para ketua program studi kedua belah pihak diberi kesempatan untuk sharing informasi dan merancang program bersama selanjutnya. Demikian pula para utusan organisasi mahasiswa (ormawa) kedua belah pihak, mereka berkesempatan merancang program Bersama.

Dr. Ali Abubakar, M.Ag., yang merupakan ketua rombongan FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, sekaligus sebagai Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, menyatakan bahwa kegiatan kolaborasi ini sangat penting artinya dalam menaikkan akreditasi universitas masing-masing. Dr. Ali dan rombongan sangat antusias sekali dalam pelaksanaan kegiatan bersama ini. Semoga kegiatan kolaborasi pengabdian kepada masyarakat ini dapat berlanjut dan hubungan harmonis antar Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau dengan Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh tetap terjaga.

About zilal afwa ajidin