Minggu , September 1 2024

PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN (PBAK) FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN SUSKA RIAU T.A. 2024-2025


Rabu, 28 Agustus 2024 – Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau melaksanakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru yang berlangsung di Lantai II Gedung Islamic Centre UIN Suska Riau. PBAK tahun ini mengusung tema “Membentuk Generasi Islam yang Berdaya Saing Global dan Menjunjung Akhlakul Karimah.” Menurut ketua panitia, Dr. Muhammad Darwis, S.H., M.H., yang sekaligus merupakan Ketua Program Studi Ilmu Hukum, tema ini dipilih antara lain sebagai pesan moral bagi mahasiswa baru bahwa secerdas apapun mahasiswa dan setinggi apapun ilmu yang mereka dapatkan di perguruan tinggi haruslah tetap menjunjung tinggi akhlakul karimah. Mengabaikan akhlakul karimah adalah awal dari kemunduran dan kehancuran.
Kegiatan PBAK ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang bertujuan untuk menyambut seluruh mahasiswa baru yang memilih kuliah pada Fakultas Syariah dan Hukum dalam rangka memperkenalkan budaya akademik fakultas yang terdiri dari: sistem perkuliahan, sarana dan prasarana yang ada di Fak. Syari’ah dan Hukum, dan segala sesuatu yang terkait dengan kemahasiswaan. Jumlah keseluruhan mahasiswa baru yang memilih Fakultas Syariah dan Hukum adalah sebanyak 854 orang, terdiri dari 187 orang memilih Prodi Hukum Keluarga, 90 orang pada Prodi Hukum Ekonomi Syariah, 25 orang pada Prodi Perbandingan Mazhab, 126 orang pada Prodi Hukum Tata Negara, 161 orang pada Prodi Ekonomi Syariah, 154 orang pada Prodi Ilmu Hukum, dan 111 orang memilih Prodi Perbankan Syariah. Data tersebut menunjukkan bahwa Prodi Hukum Keluarga menjadi Prodi Favorit tahmaba tahun ini.

Acara dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. Zulkifli, M.Ag., yang sekaligus menyampaikan materi tentang bagaimana Fakultas Syari’ah dan Hukum berupaya membentuk generasi Islami yang berwawasan global dan berharap dari para mahasiswanya agar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia dan menjunjung tinggi nilai agama. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa baru adalah aset berharga yang diharapkan dapat berperan sebagai pelopor perubahan positif di lingkungan akademik maupun masyarakat. Dengan PBAK ini, beliau berharap mahasiswa baru dapat mengintegrasikan nilai-nilai moral dengan teknologi dalam menghadapi dinamika dunia akademik.
Wakil Dekan I bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Akmal Abdul Munir, Lc., M.A., menyampaikan materi tentang sistem akademik dan perkuliahan di Fak. Syari’ah dan Hukum, dan berharap agar mahasiswa nantinya dapat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu, yaitu pada semester VII dan VIII. Pengenalan tentang sarana, prasarana dan tata kelola administrasi di Fak. Syari’ah dan Hukum disampaikan oleh Wakil Dekan II, Dr. H. Mawardi, M.Si. Selanjutnya, Dr. Hj. Sofia Hardani, M.Ag. selaku Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menyampaikan materi tentang segala sesuatu yang terkait dengan kemahasiswaan, termasuk peluang-peluang beasiswa yang bisa direbut oleh mahasiswa, memperkenalkan organisasi kemahasiswaan (Ormawa) yang ada di Fak. Syari’ah dan Hukum, dan memotivasi mahasiswa baru untuk dapat mengembangkan bakat dan minatnya di bidang yang dipilih. “Jangan hanya jadi kupu-kupu (kuliah-pulang kuliah-pulang), tapi kalian harus mengaktualisasikan diri, mengembangkan bakat dan minat, meraih prestasi, bersaing dengan para mahasiswa PTKIN lainnya baik di tingkat universitas, regional, nasional, bahkan internasional,” tambah WD III.

Pada kegiatan PBAK kali ini, Fak. Syari’ah dan Hukum menghadirkan tim kode etik fakultas yang memberikan materi tentang aturan-aturan yang tertuang di dalam kode etik mahasiswa yang harus diindahkan dan diamalkan oleh mahasiswa. Materi tersebut disampaikan oleh H. Mohd. Kastulani, SH., MH., sebagai Ketua Dewan Kode Etik Fakultas Syari’ah dan Hukum. Di samping itu juga diperkenalkan tentang kampus anti kekerasan seksual oleh tim dari PSGA, dan pengenalan sistem keuangan Syariah oleh tim Labor Keuangan Syariah.
Hal penting lainnya, kegiatan PBAK ini juga memperkenalkan Program Studi yang ada di Fak. Syari’ah dan Hukum, yang dipandu oleh masing-masing Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi yang ada di lingkungan Fak Syari’ah dan Hukum.
Antusias dari mahasiswa baru sangat terlihat jelas, mereka sudah menyiapkan yel-yel pada hari sebelumnya sesuai dengan program studi masing-masing, yang ditampilkan pada saat acara PBAK ini. Konsep acara dijalankan santai dan tidak menegangkan karena diselingi dengan ice-breaking yang menarik dari panitia. Master of Ceremony (MC) yang memandu acara dalam tiga Bahasa (B. Indonesia, B. Inggris, dan B. Arab) juga menambah menariknya acara PBAK ini.
Panitia pelaksana PBAK melibatkan pengurus Ormawa yang ada di lingkungan Fak. Syari’ah dan Hukum, yaitu perwakilan Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema), dan utusan dari pengurus HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi). Berkat dedikasi dan kekompakan panitia, kegiatan PBAK berjalan lancar dan tertib.
Dengan dilaksanakannya PBAK ini, Fakultas Syariah dan Hukum berharap mahasiswa baru dapat segera beradaptasi dan berkontribusi positif bagi kemajuan fakultas ke depannya. Fakultas Syariah dan Hukum berkomitmen untuk membentuk mahasiswa yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik tetapi juga memiliki integritas moral yang tinggi, sesuai dengan tema PBAK tahun ini.

Dua orang Maba hafiz 30 juz: Dimas (Prodi HKI), M. Farel (Prodi HES)
Sebagian ORMAWA yang terlibat sebagai panitia

About F2r