Aksi Peduli Lingkungan Mahasiswa Program Studi Perbandingan Mazhab UIN Suska Riau

Kegiatan aksi peduli lingkungan merupakan salah satu wujud dari perhatian kepedulian generasi muda Islam terhadap kondisi lingkungan pada saat ini, baik yang terdapat di lingkungan sekitar maupun di lingkungan dalam skala lokal, regional bahkan global.

Sebagaimana diketahui, kondisi lingkungan hidup di bumi pada saat ini
telah banyak mengalami kerusakan dan berbagai perubahan, baik di daratan maupun lautan, atau perairan. Hal ini telah menjadi isu nasional bahkan isu global yang menjadi perhatian berbagai kalangan, seperti misalnya isu tentang pemanasan global yang memicu perubahan iklim global (climate change), deforestasi dan berbagai isu tentang pencemaran lingkungan lainnya.

“Semoga agenda aksi peduli lingkungan ini bisa menjadi agenda percontohan bagi seluruh HMPS yang ada di Fakultas Syariah dan Hukum khususnya, dan di seluruh fakultas yang ada di lingkungan UIN Suska pada umumnya. HMPS lainnya bisa melakukan aksi peduli lingkungan seperti menanam bunga yang gampang tumbuh di sepanjang jalan menuju fakultas, karna bisa menambah keindahan dan kenyamanan dengan adanya variasi warna di UIN Suska Riau”, ucap Dr. Sofia Hardani, M.Ag. selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Syari’ah dan Hukum.

“Ada 500 bibit pohon, namun yang ditanam lebih dulu ada 200, 300 dijadikan sisipan”, ucap Ikbal Nursal selaku ketua pelaksana

Ikbal menuturkan bahwa penanaman pohon di lingkungan UIN Suska ini merupakan kegiatan dari kepedulian akan pemanasan global akibat berkurangnya pohon di bumi.

Meskipun jumlahnya sedikit, akan tetapi menarik banyak pihak untuk melakukan hal yang sama. Juga akan membuat kampus lebih hijau di masa yang akan datang,” ujarnya

Dalam sambutannya, Ketua Prodi Perbandingan Mazhab, Hendri Sayuti M.Ag. mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon ini sangat positif dan sudah selayaknya mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Kegiatan ini dilakukan secara sederhana, yang dihadiri oleh Wakil Dekan III Fak. Syariah dan Hukum, Ketua Prodi Perbandingan Mazhab, serta beberapa dosen dan seluruh mahasiswa Perbandingan Mazhab serta perwakilan mahasiswa dari seluruh Prodi yang ada di Fakultas Syariah dan Hukum.

Pada kegiatan pertama, penanaman pohon dilakukan oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Syariah dan Hukum, Dr, Sofia Hardani, M.Ag., kemudian dilanjutkan oleh Ketua Prodi Perbandingan Mazhab yaitu Hendri Sayuti M.Ag.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini, luar biasa. HMPS sekarang kompak untuk memajukan Prodi Perbandingan Madzhab melalui berbagai kegiatan positif yang diadakan oleh HMPS-PM. Insyaa Allah kegiatan penanaman ini tidak hanya berhenti disini saja, tetapi akan terus berlanjut, kemungkinan penanaman selanjutnya dilakukan di luar kampus nantinya.” tutup Bupati HMPS-PM, Randi.

About F2r