Minggu , September 1 2024

FAK. SYARI’AH DAN HUKUM TUAN RUMAH PENANDATANGAN MoA  ANTARA DINAS SOSIAL KOTA PEKANBARU DENGAN ENAM FAKULTAS DI LINGKUNGAN UIN SUSKA RIAU

Jumat, 09 Agustus 2024, Fak. Syariah dan Hukum menjadi tuan rumah pelaksanaan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) antara Dinas Sosial Kota Pekanbaru dengan 6 (enam) fakultas yang ada di lingkungan UIN Suska Riau, yaitu Fak. Tarbiyah dan Keguruan, Fak. Psikologi, Fak. Ekonomi dan Ilmu Sosial, Fak. Ushuluddin, dan Fak. Dakwah dan Komunikasi. Di samping itu, ada 11 (sebelas) program studi yang ada di Fak. Tarbiyah dan Keguruan ikut serta dalam penandatangan PKS dengan Dinas Sosial Kota Pekanbaru tersebut. Acara tersebut bertempat di Auditorium lantai III Fakultas Syariah dan Hukum,

Dalam sambutannya, Dekan Fak. Syariah dan Hukum, Dr. Zulkifli, M.Ag. menyampaikan bahwa sebagai pimpinan Fak. Syariah dan Hukum beliau sangat senang dengan acara tersebut, karena acara ini sekaligus menaja seminar bersama tentang Model Pengabdian kepada Masyarakat pada Masyarakat Multikultural. Maka kesempatan ini merupakan sharing informasi antar sesama Dekan dan pihak Dinas Sosial Kota Pekanbaru serta para Wakil Dekan dan Ketua Prodi yang hadir dalam dan penandatangan kerjasama ini. Penandatanganan MoA sendiri sangat penting artinya sebagai payung untuk pelaksanaan kegiatan bersama antara fakultas yang ada di UIN Suska Riau dengan Dinas Sosial. Kerjasama yang dapat dilakukan lebih terarah kepada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu aspek pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Narasumber dalam Seminar Bersama dengan topik “Model Pengabdian Masyarakat pada Masyarakat Multi Kultural” pada kesempatan ini adalah  Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru sendiri, yaitu Dr. H. Idrus., M.Ag., dan Dekan Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, Dr. Kadar, M.Pd.. bertindak sebagai moderator adalah Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fak. Psikologi UIN Suska Riau, Dr. Yuslenita Muda, M.Si.

Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Dr. Idrus, M.Ag., menyatakan bahwa banyak sekali permasalahan sosial pada masyarakat Kota Pekanbaru yang membutuhkan penyelesaian, yang tidak bisa dilakukan sendiri oleh Dinas Sosial, akan tetapi mesti melibatkan banyak pihak, sesuai dengan bidangnya masing-masing, tak terkecuali pihak perguruan tinggi yang dapat berperan sebagai konseptor utama dalam penyelesaian permasalahan sosial yang ada.

Dinas Sosial Kota Pekanbaru sendiri mengidentifikasi setidaknya ada 25 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kota Pekanbaru yang dibedakan kepada tiga bidang, yaitu: Bidang Rehabilitasi Sosial ada 20 jenis PPKS;

  1. Anak Balita Terlantar
  2. Anak Terlantar
  3. Anak yang berhadapan dengan hukum
  4. Anak jalanan
  5. Anak dengan kedisabilitasan
  6. Anak yang menjadi korban tindak kekerasan atau diperlakukan salah
  7. Anak yang memerlukan perlindungan khusus
  8. Penyandang disabilitas
  9. Tuna Susila
  10. Gelandangan
  11. Pengemis
  12. Pemulung
  13. Kelompok Minoritas
  14. Eks Napi
  15. Orang dengan HIV/AIDS (ODHA)
  16. Korban Penyalahgunaan NAPZA
  17. Korban Traficking
  18. Korban Tindak Kekerasan
  19. Pekerja Migran Bermasalah Sosial
  20. Keluarga bermasalah sosial psikologis

Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial ada 3 Jenis PPKS: yaitu Korban Bencana Alam, Korban Bencana Sosial, dan Lanjut Usia Terlantar. Sedangkan Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin ada 2 Jenis PPKS, yaitu Fakir Miskin dan Wanita Rawan Sosial Ekonomi. Semua PPKS tersebut sebaiknya menjadi sasaran pengabdian masyarakat bagi para dosen UIN Suska Riau.

Oleh karena pembahasan dalam seminar ini sangat penting, semua Dekan yang terlibat dalam penandatanganan MoA dengan Dinas Sosial Kota Pekanbaru tersebut berkenan mengikuti acara seminar sampai selesai; Dekan Fak. Syariah dan Hukum, Dr. Zulkifli, M.Ag., Dekan Fak. Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Kadar, M.Pd., Dekan Fak. Psikologi, Dr. Kusnadi, M.Pd., Dekan Fak. Ekonomi dan Sosial, Dr. Mahyarni, S.E., M.M., Dekan Fak. Ushuluddin, Dr. Jamaluddin, M.Ush., dan Dekan Fak. Dakwah dan Komunikasi, Prof. Imran Rosyadi, Ph.D. Demikian juga Wakil Dekan III di 6 fakultas yang disebutkan, dan para Ketua Prodi yang ada.

 

About F2r