SEMINAR INTERNASIONAL KOLABORASI FAK SYARIAH DAN HUKUM DENGAN MUHYIDDIN CENTRE SINGAPURA

Rabu, 29 Mei 2024, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau menyelenggarakan seminar internasional bertajuk “Islamic Family in South-East Asia”. Seminar ini diselenggarakan atas kerjasama Fak. Syariah dan Hukum dengan Muhyiddin Centre (MC) Singapura.

Sebelum acara seminar dimulai, dilaksanakan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fak,. Syariah dan Hukum dengan Muhyiddin Centre Singapore. Penandatanganan dilakukan oleh Dekan Fak. Syariah dan Hukum, Dr. Zulkifli, M.Ag., dan Direktur Muhyiddin Centre Singapore, Dr. Ihsan Muhidin MA, MPhil, PhD, disaksikan oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Suska Riau, Prof. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc., PhD. Pada sambutannya, Prof. Edi Erwan menyampaikan bahwa kerjasama ini sangat penting artinya bagi pengembangan kedua lembaga.

Pada acara seminar ini, tampil 6 (enam) orang pembicara yaitu Dekan Fak. Syariah dan Hukum, Dr. Zulkifli, M.Ag., sebagai key note speakear, Dr. Ihsan Muhidin MA, MPhil, PhD., sebagai Direktur Muhyiddin Centre Singapore, yang menyampaikan topik “Urgensi Pendidikan Tentang Hukum Keluarga Islam Bagi Para Calon Pasangan Mempelai Muslim Singapura”, Dr. Hanafiah Bin Budin menyampaikan topik “Dasar-dasar Pembentukkan Karakter dalam Keluarga Bermasaalah (RKM)”, Dr. Musa Bin Zulkifli. Lc., dengan pokok pikiran “Kurikulum pendidikan Akhlak dalam ARŞ Singapura”, dan Dr. Nola Fibriyani Bte Salman. NCC (UK)., S.Sos.I., M.Pd. menyampaikan pokok pikirannya tentang “Islamic Education in the Rehabilitation Program for Muslim Prisoners in Singapore”.

Narasumber dari Fak. Syariah dan Hukum adalah Dr. H. A. Zikri Hasan, S.Ag., B.Ed., Dpl., AL, M.H. yang menyampaikan topik tentang Tantangan Implementasi Hukum Perkawinan di Indonesia dan Dr. Hendri Sayuti, M.Ag. dengan Topik Model Pengembangan Wakaf di Singapura dan Indonesia.

Acara seminar dipandu oleh moderator Dr. Hj. Sofia Hardani, M.Ag., yang merupakan Wakil Dekan III Fak. Syariah dan Hukum. Acara berlangsung di gedung rektorat lantai 5 UIN Suska Riau, diikuti dengan antusias oleh para peserta, dibuktikan dengan banyaknya tanggapan dan pertanyaan yang diajukan.

Banyak sekali informasi yang didapat dari  seminar ini, khususnya tentang berbagai aspek permasalahan keluarga muslim di kedua negara, baik dari segi peraturan yang memayungi, implementasi aturan-aturan yang ada, maupun pendidikan masyarakat dalam mewujudkan keluarga muslim yang harmonis dan sejahtera.

About F2r