FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM BERPARTISIPASI DALAM SEMINAR INTERNASIONAL DI BANJARMASIN

Kamis, 25 April 2024, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau ikut berpartisipasi dalam seminar internasional yang diselenggarakan oleh Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia. Seminar ini mengusung tema “Sistem Diversi dan Restorative Justice dalam Penyelesaian Perkara Pidana”. Acara dibuka oleh Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof. Dr. H. Mujibirrahman, MA., sekaligus sebagai Keynote Speaker. Seminar internasional tersebut dilaksanakan bersempena dengan agenda tahunan pertemuan Forum Dekan  Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia.

Pembicara pada seminar internasional ini terdiri dari para pakar seperti Prof. Ahmad Hidayat bin Buang dari University Of Malaya, Malaysia (Speaker I), Dr. ST. Burhanuddin, SH, MH. (Speaker II), dan Prof. Dr. Drs. H. Makhrus Munajat, SH, M.Hum. (Speaker III). Peserta yang hadir terdiri dari para dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia, para wakil dekan dan ketua program studi masing-masing PTKIN tersebut. Utusan fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau yang hadir adalah Dr. Hj. Sofia Hardani, M.Ag selaku Wakil dekan III mewakili dekan dan Dr. Nurnasrina, SE, M.Si mewakili dari program studi. Seluruh peserta mengikuti seminar internasional dengan antusias sehingga seminar ini berjalan sukses sesuai harapan.

Pada prinsipnya, pertemuan Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia ini dilaksanakan sebagai rapat koordinasi dan rapat kerja antar dekan yang membahas hal-hal penting terkait dengan Fakultas Syariah dan Hukum, dan bertujuan untuk mensinergikan program kegiatan serta menetapkan kebijakan-kebijakan yang mendukung terlaksananya program yang disepakati.

Pada tahun ini, rapat kerja forum dekan juga mengundang para wakil dekan dan para ketua prodi yang ada di lingkungan Fak. Syariah dan Hukum. Oleh karena itu, banyak hal yang bisa dicapai dalam pertemuan tersebut, antara lain koordinasi antar wakil dekan dan antar ketua prodi yang hadir, dimana mereka dapat berdiskusi pada forum-forum wakil dekan dan forum ketua prodi yang memang sudah difasilitasi untuk itu.  

Salah satu kesepakatan yang langsung direalisasikan adalah penandatanganan Kesepakatan Kerjasama (MoA) antar fakultas baik untuk perpanjangan dari MoA yang sudah ada maupun MoA baru. Untuk FSH UIN Suska Riau berhasil menjalin 3 (tiga) kerjasama dalam bentuk MoA dengan Fakultas Syariah UIN Antasari Banjarmasin dan Fakultas Syariah UIN Sultan Thaha Jambi. Kemudian pada hari berikutnya penanda tanganan MoA dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin. Keseluruhan isi MoA terkait kerjasama dalam mendukung terlaksananya Tri Darma Perguruan Tinggi berdasarkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

FOTO-FOTO KEGIATAN

Seminar Internasional

Rapat Kerja Forum Wakil Dekan III

MoA FSH UIN Suska Riau dengan FS UIN Antasari Banjarmasin

MoA FSH UIN Suska Riau dengan FS UIN Sulthan Thaha Jambi

MoA FSH UIN Suska Riau dengan FEBI UIN Antasari

About F2r