DEKAN FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM NARASUMBER SEMINAR INTERNASIONAL

Selasa, 11 Oktober 2022, Dekan Fak. Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau, Dr. Zulkifli, M.Ag. menjadi salah satu narasumber pada Seminar Internasional Hukum Islam yang bertema “Khazanah Hukum Islam Pesisir Selat Malaka”. Seminar ini merupakan hasil kerjasama antara Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin (IAITF) Dumai dan Himpunan Ilmuan Islam Pesisir Selat Malaka. Topik yang diusung oleh Dekan Fak. Syrai’ah dan Hukum UIN Suska Riau dalam seminar ini adalah Strategi Ketahanan Keluarga Muslim dalam Pendekatan Multidisipliner. Dalam pemaparannya, Dr. Zulkifli, M.Ag. menyatakan tentang pergeseran peran ayah dalam mendidik anak, khususnya anak laki-laki, di kawasan pesisir. “Dulu anak laki-laki ikut bersama-sama ayahnya melaut, diajar berenang, sehingga anak laki-laki menjadi kuat dan tangguh. Akan tetapi zaman sekarang keadaaan seperti itu sudah hamper hilang, dimana anak-anak hanya diasuh oleh ibu karena ayah hanya sibuk mencari nafkah. Akibatnya, anak laki-laki pesisir tidak lagi pandai berenang dan hubungannya dengan ayah mejadi kurang dekat. Kurangnya kasih-sayang ayah pada akhirnya menyebabkan anak-anak tersebut mencari pelampiasan kepada yang lain.”

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. Zulkifli, M.Ag menjadi narasumber Seminar Internasional Hukum Islam

Keynote speaker dalam seminar ini adalah Bapak Sekjen Persatuan Ilmuan Pesisir Selat Malaka (PIPSM) Dr. H. M. Rizal Akbar,S.Si, M.Phil. Narasumber lain yang berpartisipasi dalam seminar internasional tersebut adalah Bapak Rektor IAITF Dumai Dr. H. Ahmad Roza’i Akbar, M.H.. Ketua Pusat Pengajian Akademi Pengajian Islam Kontemporari Dr. Dziauddin Sharif, dan Dosen Universiti Islam Malaysia Dr. M. Azizur Rahman Ramlan.

Penyerahan plakat kepada Rektor IAITF Dumai

Sebelum seminar dimulai, dilangsungkan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Suska Riau dengan Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin dalam berbagai aspek yang terkait dengan Tridarma Peguruan Tinggi. Seminar internasional itu sendiri merupakan salah satu bentuk implementasi dari Nota Kesepahaman yang sudah dilakukan.

About zilal afwa ajidin