VISITING PROFESSOR: MEMAHAMI PERBEDAAN DAN MERAWAT TOLERANSI

Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau, Selasa 6 September 2022 menaja kegiatan Visiting Professor dengan tema Memahami Perbedaan dan Merawat Toleransi, bertempat di auditorium gedung rektorat lantai 5 UIN Suska Riau. Acara dibuka oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemprov. Riau, Drs. H. Masrul Kasmi, M.Si. Berkesempatan hadir dalam acara pembukaan AKP Azhar Boy, SH. MH. M. Si. dari Polda Riau, dan Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Hairunnas, M.Ag.

Pada acara ini Fak. Syari’ah dan Hukum mendatangkan Prof. Dr. Drs. KH. Muhammad Amin Suma, BA, MA., MM, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Ilmuwan Sarjana Syari’ah Indonesia (HISSI) Pusat. Dalam paparannya yang berjudul Perbedaan Mazhab dalam Islam, Prof. Muhammad Amin Suma menyampaikan bahwa perbedaan dalam mazhab, perbedaan dalam pikiran itu biasa, tapi kita harus saling menghormati satu dengan yang lain. “Perbedaan yang terjadi dalam mazhab mengindahkan kehidupan, belajarlah bahwa Islam itu rahmatan lil ‘aalamin.”

Prof. Dr. KH. Muhammad Amin Suma menyampaikan materi pada agenda Visiting Professor

Pembicara lain yang ikut memberikan materi dalam seminar tersebut adalah Sekretaris HISSI Pusat, Dr. Kamarusdiana, S.HI., SH., MH, M.Si. yang menyampaikan materi “Peran HISSI dalam Merekat Perbedaan Pendapat”, dan AKP Azhar Boy, SH. MH. M. Si. dari Polda Riau menyampaikan materi tentang Sinergitas Sarjana Syari’ah dan Kepolisian dalam Mewujudkan KAMTIBMAS di Provinsi Riau. Bertindak sebagai moderator adalah Wakil Dekan bidang Akademik dan  Pengembangan Lembaga Fak. Syari’ah dan Hukum, Dr. H. Erman, M.Ag.

Sebelum acara seminar dimulai, Ketua Umum HISSI Pusat, Prof. Dr. KH. Amin Suma berkenan melantik pengurus HISSI wilayah Riau periode 2022-2026. Dalam hal ini, Prof. Amin berpesan bahwa ilmu sangat berpotensi unuk menjadikan seseorang sombong, maka sebagai ilmuan dan sarjana syari’ah, para pengurus harus menjauhkan diri dari sifat-sifat tersebut agar dapat lebih menghayati perannya dalam memasyarakatkan syari’ah dan mensyar’i-kan masyarakat.

Dr. Zulkifli M.Ag., Dekan Fak. Syari’ah dan Hukum yang sekaligus dilantik sebagai Ketua Umum HISSI Wilayah Riau

Acara Visiting Professor ini diikuti oleh para dosen di lingkungan Fakultas Syari’ah dan Hukum, para pengurus HISSI wilayah Riau, perwakilan Ikatan Keluarga Alumni Program Studi,  serta para mahasiswa dari Ormawa di lingkungan Fak. Syari’ah dan Hukum, yang terdiri pengurus Senat Mahasiswa, Dewan Eksekutif Mahasiswa, dan HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi).

Foto bersama Pengurus HISSI Wilayah Riau dengan Ketua Umum dan Sekjen HISSI Pusat, Polda Riau dan Rektor UIN Suska Riau

About zilal afwa ajidin